Skip to content

Analisis Suatu Perusahaan Melalui Teknik SWOT

Mendirikan suatu perusahaan ataupun startup baru tentu memerlukan suatu analisis yang mendalam. Tidak hanya itu, bagi para pebisnis juga sangat memerlukan analisa terhadap usaha yang dijalankannya. Hal ini tentu sangat membantu suatu perusahaan dalam mengembangkan usahanya. Sayang, tidak semua perusahaan mampu melakukan analisa dengan mendalam.

Alasan Perusahaan

Berbicara tentang analisis, memang banyak perusahaan-perusahaan yang cenderung tidak melakukan analisis terhadap bisnis yang mereka jalankan. Dengan catatan, perusahaan tersebut biasanya merupakan perusahaan pemula, menengah ke bawah, atau bisnis yang dijalankan oleh suatu kelompok tertentu dengan modal yang sedikit. Salah satu alasan yang mengakibatkan para perusahaan tidak melakukan analisis ini yakni karena bisnis tersebut tidak mempunyai komponen yang bisa melakukan analisa mendalam.

Minimnya sumber daya yang memiliki kompetensi di bidang analisa memang banyak terjadi di kalangan pebisnis. Mereka umumnya hanya mengurusi omzet penjualan serta keuntungan yang didapatkan. Ketika mereka dalam fase menurun, tak heran banyak diantara pebisnis semakin lemah dan akhirnya bangkrut. Padahal, apabila mereka mampu menganalisis masalah pada bisnis atau perusahaan yang dijalankan, tentu tidak akan bangkrut. Untuk itu, menganalisis bisnis yang Anda jalankan adalah bagian yang sangat penting dari suatu bisnis.

Alasan lain yang mengakibatkan para pebisnis sulit melakukan analisis yakni karena mereka tidak paham mengenai cara melakukan analisis yang benar. Padahal kita bisa mencari dan mempelajari informasi tersebut melalui berbagai sumber. Salah satunya dapat kita temukan di internet.

Swot, Sederhana Namun Mendalam

Sebagai pebisnis, Anda harus tahu bahwa ada suatu analisis yang sangat sederhana namun dapat digunakan secara mendalam. Analisis tersebut adalah analisis SWOT. Apakah Anda pernah mendengarnya? Jika Anda hadir dari kalangan pebisnis, tentunya Anda tak akan asing dengan analisis ini. Sudah banyak pebisnis maupun perusahaan yang telah mengaplikasikan teknik ini untuk menganalisa bisnis mereka secara mendalam. Mungkin Anda juga bisa mengaplikasikannya ke dalam bisnis Anda.

Bagi Anda yang asing dengan analisis di atas atau mungkin baru mendengarnya, Anda tak perlu khawatir. Pada kesempatan ini, Anda akan mengetahui informasi mengenai teknik SWOT. Teknik ini pada dasarnya merupakan teknik yang digunakan dalam menganalisa suatu perusahaan. Perkembangan suatu perusahaan dapat dianalisis menggunakan teknik ini dan dapat digunakan untuk mengambil langkah ke depannya. Lantas, bagaimana cara menerapkannya?

Sebelum kita membahas penerapannya, perlu diketahui bahwa SWOT merupakan suatu singkatan dari istilah bahasa asing. SWOT adalah singkatan dari Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats. Metode perencanaan bisnis ini dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman. Bagaimana ulasan mengenai masing-masing dari analisis ini?

  1. Strenghts (Kekuatan)

Strenghts atau kekuatan merupakan suatu analisa terhadap segala kekuatan yang ada pada bisnis Anda. Teknik ini menggali berbagai kekuatan atau kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan ini. Anda dan rekan bisnis Anda harus melakukan identifikasi mengenai berbagai kekuatan dalam bisnis yang sedang dijalankan. Kekuatan ini bisa bersumber dari banyak hal. Misalnya kekuatan dalam hal keuangan, sumber daya manusianya alias para karyawannya, produk yang dibisniskan, atau lainnya. Anda harus benar-benar menggali serta mengidentifikasi masing-masing kekuatan atau keunggulan yang ada.

Setelah itu, Anda harus mempertahankan kekuatan tersebut. Anda juga bisa mengembangkan kekuatan itu sebagai ciri khas dari perusahaan Anda. Sebagai contoh, bisnis yang Anda miliki atau sedang dijalankan rupanya memiliki kekuatan di bidang rasa produk. Banyak konsumen yang menyukai produk makanan Anda karena cita rasanya yang sangat nikmat. Nah kekuatan ini harus Anda pertahankan dan sebisa mungkin menciptakan suatu khas untuk produk Anda. Sehingga kekhasan ini akan berbeda dengan perusahaan lain dan para konsumen akan langsung mengetahui bahwa produk itu adalah milik Anda dan tidak ada duanya.

  1. Weaknesses (Kelemahan)

Berkebalikan dari kekuatan, weaknesse merupakan suatu analisa mendalam mengenai kelemahan dari perusahaan Anda. Kelemahan ini juga bisa melingkupi produk yang dibisniskan, kinerja perusahaan, serta lainnya yang bisa datang dari luar. Anda dan pihak perusahaan benar-benar menganalisa kelemahan ini dengan baik. Jangan sampai Anda berusaha menutupi kelemahan karena akan sulit dalam melakukan analisis perusahaan. Mintalah rekan-rekan Anda untuk terbuka dengan segala kelemahan yang ada.

Kelemahan pada suatu perusahaan bukanlah hal yang harus ditutupi atau bahkan disembunyikan. Kelemahan harus segera diatasi dan dicarikan solusinya. Anda harus mencari solusi mengenai kelemahan yang ada. Sebagai contoh, kelemahan perusahaan Anda misalnya pada pengemasan produk yang kurang menarik sehingga banyak konsumen yang tidak tertarik. Nah Anda harus menggali solusi dari kelemahan itu. Misalnya dengan mendesain kemasan yang lebih menarik dan inovatif sehingga banyak konsumen yang tertarik untuk membeli.

  1. Opportunities (Peluang)

Peluang merupakan suatu analisis perusahaan dimana para pebisnis menggali berbagai peluang dalam berbisnis. Peluang ini biasanya disesuaikan dengan pangsa pasar. Anda harus menargetkan bisnis Anda dengan jelas dan tidak boleh salah sasaran. Sebagai contoh, bisnis Anda mengenai minuman kekinian. Apabila Anda menjualnya di lokasi dekat dengan mahasiswa, tentu peluang keberhasilannya sangat tinggi. Namun, bila Anda berjualan di kompleks perumahan tentu akan sulit mengembangkan bisnis Anda. Nah inilah yang disebut sebagai peluang dalam berbisnis.

  1. Threats (Ancaman)

Selain menggali kekuatan, kelemahan, serta peluang, Anda juga perlu menggali ancaman dari bisnis Anda. Misalnya ancaman dari para pesaingnya bila melakukan promo yang lebih menarik atau produknya lebih unggul dari Anda. Ini merupakan ancaman nyata dan tentu akan terus-menerus terjadi dalam suatu perusahaan. Nah Ancaman ini harus Anda pikirkan serta dicarikan solusinya sehingga bisnis yang Anda jalankan tidak mengalami kendala. Selain itu, ancaman-ancaman yang ada juga tidak akan mudah menggoyahkan bisnis Anda karena Anda telah menganalisisnya secara mendalam.

Nah itulah beberapa ulasan mengenai cara menganalisis bisnis suatu perusahaan sehingga dapat berkembang dengan baik. Analisis menggunakan SWOT ini juga dapat mengatasi masalah yang menjadi penghambat suatu perusahaan termasuk lambannya perjalanan bisnis Anda. Dengan tindakan analisa mendalam melalui SWOT, bisnis atau perusahaan Anda tentu akan semakin berkembang dan dapat berjalan dengan baik.

Share