Skip to content

Bermodal Kecil, Inilah Peluang Bisnis Sampingan yang Patut Dicoba

Anak muda dikenal sebagai generasi yang kreatif. Begitu banyak ide-ide luar biasa yang mereka bisa sampaikan termasuk diantaranya adalah ide mengenai bisnis. Bahkan bisnis ini bisa dikembangkan sejak mereka sekolah, kuliah, hingga yang sudah bekerja sekalipun. Kesibukan yang mereka alami namun keinginan untuk mendirikan bisnis sendiri membuat mereka akhirnya membuat usaha sampingan dengan modal yang minimal namun diharapkan mendapatkan untung yang bagus.

Membuat usaha sampingan memang tidak mudah, diperlukan ketelitian serta keuletan. Bayangkan saja jika kamu sudah seharian bekerja atau sekolah namun di samping itu, ada beberapa peluang bisnis sampingan yang dijadikan sebagai sampingan. Nah, dalam artikel ini akan kami sampaikan beberapa ide bisnis sampingan yang bisa kamu jadikan referensi sehingga ke depannya bisa dikembangkan untuk dapat memperoleh banyak keuntungan dalam jumlah besar. Lantas seperti apakah bisnis sampingan yang bisa kamu jalankan?

Kenapa Musti Buat Usaha Sampingan?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai ide bisnis sampingan, terlebih dahulu kamu musti mengetahui alasan mengapa kamu ingin membuat usaha tersebut. Ada beragam alasan yang mendasarinya, salah satunya mengenai ingin mendapatkan uang jajan tambahan. Memang hal tersebut sangat wajar, terlebih saat ini banyak sekali hal-hal yang ingin dicapai namun karena keterbatasan ekonomi malah membuatmu sedikit terhambat.

  • Mengasah jiwa wirausaha

Sudah dapat dipastikan jika orang-orang yang ingin memiliki usaha bisnis sampingan adalah mereka yang dapat mengasah jiwa kewirausahaan yang sudah ada. Memang hal ini perlu dilatih sebab ternyata tidak semua orang memiliki passion dengan usaha-usaha tertentu. Dengan berbisnis secara sampingan, kamu juga bisa belajar mengelola keuangan serta usaha secara bijak.

  • Dapat bersikap kreatif dan inovatif

Membuat usaha sampingan juga akan mengasah sikap kreatif dan inovatif yang banyak dimiliki oleh anak-anak muda. Namun tidak hanya anak muda, banyak kok yang sudah memiliki pekerjaan lain namun ingin selalu ingin menunjukkan kreasinya sendiri dengan cara berjualan atau mendirikan jasa tertentu sebagai sampingan. Kamu juga bisa selalu inovatif terlebih dengan berbagai tren usaha yang saat ini semakin berkembang. Tentu saja karena kamu tidak ingin usaha yang didirikan begini-begini saja, bukan?

  • Mampu mandiri

Salah satu alasan lain yang bisa kamu jadikan motivasi adalah kemandirian. Bagi anak sekolah atau kuliah misalnya, kamu bisa lepas dari bayang-bayang keluarga jika sudah sukses mendirikan usaha sendiri meskipun masih sekolah. Bahkan bagi para pekerja yang telah merasakan pendapatan sendiri, rasanya usaha sampingan juga tidak ada salahnya. Justru malah membuat kamu semakin dapat memanajemen diri sendiri secara lebih mandiri.

Contoh Bisnis Anti Gagal Untuk Sampingan

 

Berbagai jenis usaha sering kali dilakukan untuk mendapatkan uang tambahan, baik yang sifatnya sederhana hingga harus menguras tenaga. Nah dalam ulasan berikut akan disampaikan beberapa bisnis atau usaha yang bisa dicoba apabila kamu memang ingin menjajal usaha secara sampingan tanpa meninggalkan pekerjaan atau sekolah, tentunya dengan modal yang minimal. Dengan kejelian yang baik, usaha dan bisnis ini akan terhindar dari kegagalan yang sering membayang-bayangi.

  • Jasa penulisan hingga terjemahan

Saat ini, dunia kepenulisan maupun penerjemahan cukup berkembang dengan pesat. Banyak sekali perusahaan yang mencari freelancer atau orang-orang yang berminat dengan dunia tulis-menulis untuk mendongkrak kepopuleran suatu situs. Selain itu, usaha seperti ini juga dapat menyasar anak-anak muda di jenjang sekolah atau kuliah sebab ada banyak sekali tugas yang harus dikerjakan. Nah, melihat peluang tersebut, kamu bisa nih mulai menjajal usaha jasa penulisan dengan tarif yang disesuaikan dengan banyaknya tulisan dan terjemahan yang dikerjakan.

  • Event organizer

Mendengar kata event organizer, mungkin dalam pemikiranmu adalah pekerjaan yang sangat menguras ide dan waktu. Namun jangan salah, kamu bisa kok menggunakan waktu luangmu untuk menjalankan bisnis tersebut. Bahkan jika ada event kampus atau kantor tempatmu bekerja, kamu bisa sekalian mempromosikan event organizer yang kamu miliki tersebut. Sedikit saran, pastikan kamu juga memiliki sejumlah asisten atau rekan bisnis yang akan membantu kamu, ya.

  • Les privat

Kebutuhan les privat juga semakin meningkat seiring perkembangan pendidikan yang semakin pesat. Terlebih di masa-masa ujian nasional, SBMPTN, maupun ujian CPNS di masa-masa sekarang. Les privat yang banyak diinginkan masyarakat tentu menjadi peluang tersendiri bagi kamu yang memang senang mengajar dan bertemu banyak orang baru. Kamu bahkan juga bisa membagikan pengalaman dan ilmu yang dimiliki sehingga bermanfaat bagi banyak orang. Pastikan biaya les privat yang kamu tentukan memang sudah sesuai dan dengan perjanjian tertulis ya sehingga tidak merasa rugi ke depannya.

  • Bisnis pulsa dan mobile data

Bisnis yang satu ini banyak dijalankan oleh siswa sekolah, mahasiswa, banyak pekerja kantoran. Di zaman yang sudah serba mobile dan online, kebutuhan pulsa dan data seluler menjadi hal yang sangat massif. Banyak orang yang tidak ingin kehabisan pulsa atau data seluler sehingga mereka bisa tetap chatting atau eksis di media sosial. Tentu saja ini menjadi peluang besar sehingga kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan.

  • Bisnis pakaian

Usaha sampingan yang satu ini sejatinya cukup menjanjikan. Sudah banyak orang yang memulai usaha ini dengan modal kecil, yakni dengan hanya menjual baju-baju bekas namun masih sangat layak pakai. Bahkan kini, bisnis pakaian seperti ini tidak hanya terbatas pada baju, celana, rok, namun juga beberapa aksesoris seperti kaus kaki, sepatu, dan sebagainya. Kamu bisa mempromosikan bisnis sampinganmu ini ke media sosial, lho. Dengan ketekunan dan ketelitian, sudah banyak yang pada akhirnya memiliki toko pakaian atau butik sendiri sehingga usahanya tersebut semakin berkembang pesat.

Dari berbagai macam bisnis sampingan yang sudah disampaikan, tentu saja ada berbagai plus dan minusnya. Yang terpenting tentu saja bagaimana kamu mengelola dirimu, waktumu, dan juga bisnismu tersebut. Jika kamu memang ingin mencari bisnis yang bagus untuk sampingan, pastikan tidak membuatmu semakin terbebani dan nikmatilah proses berbisnis tersebut. Mungkin akan gagal di awal, namun dengan usaha yang gigih, tentu saja akan terbayar dengan kesuksesan. Nah, sudah berani mencobanya?

Share