Skip to content

Kiat Sukses Reseller dalam Mempromosikan Produk

Sobat, berbisnis adalah suatu pekerjaan yang bisa dilakukan oleh siapa pun. Setiap orang bisa membuka usaha alias bisnis asalkan mereka memiliki modal seperti uang. Tak hanya itu, asal ada kemauan dan tekad yang kuat, mereka juga bisa menjalankan bisnis tanpa modal utama melainkan hanya produk yang dijualnya.

Mengenal Bisnis Reseller

Reseller adalah salah satu bentuk usaha dimana sang penjual dapat mengambil produk milik agen atau distributor tanpa harus membayarnya terlebih dahulu. Mereka bisa mengambil produk kepada agen sesuai dengan jumlah pesanan. Para reseller ini biasanya akan membayar produk kepada agennya ketika hasil penjualan sudah terkumpul. Reseller ini diibaratkan mengutang terlebih dahulu kepada para agennya.

Sistem reseller ini bisa diterapkan khususnya bagi Anda yang tertarik untuk berbisnis namun tidak memiliki kebutuhan modal yang mencukupi. Anda bisa mengambil barang atau produk kepada para agen dan dibayar pada saat modal terkumpul. Sayangnya, menjalankan suatu bisnis seperti reseler tentu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan oleh setiap kalangan. Hal ini karena semakin banyak orang yang membuka usaha sebagai reseller bahkan para agen membuka reseller baru untuk produk yang mereka jual.

Sebagai pebisnis maupun reseller, Anda harus cerdik dalam melakukan berbagai promo agar produk yang dijual senantiasa dilirik banyak konsumen. Para reseller bersaing secara sehat dengan banyak cara. Jika Anda merupakan reseller baru atau hendak menjadi reseller, tentu Anda harus mengumpulkan banyak persiapan agar Anda tidak mudah goyah alias tidak gugur sebagai reseller. Pasalnya, bisnis Anda akan mudah hancur bila Anda tidak memiliki kekuatan dalam menjalani bisnis.

Cara Mempromosikan Produk

Untuk mengatasi hal di atas, Anda disini akan disajikan ulasan mengenai kiat sukses sebagai reseller. Ada beragam cara dalam mempromosikan produk yang Anda jual ke konsumen. Bagaimana cara mempromosikannya? Berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan sebagai reseller maupun pebisnis pemula.

  1. Bikin iklan produk yang menarik dan kreatif

Sebagai reseller, Anda tentu memiliki produk yang Anda jual kepada konsumen. Anda sebaiknya membuat iklan produk yang Anda jual secara menarik dan kreatif. Anda bisa membuatnya dengan banyak cara. Adapun cara membuat iklan yang menarik dan kreatif adalah sebagai berikut.

  • Tata produk dengan rapi dan menarik, kemudian potret produk tersebut.
  • Beri tambahan efek atau edit hasil foto dari produk yang hendak Anda iklankan.
  • Gunakan aplikasi editing foto yang Anda kuasai untuk mempercantik produk Anda.
  • Jangan sungkan-sungkan untuk meminta bantuan orang lain bila Anda tidak menguasai aplikasi editing foto.

Langkah-langkah di atas bisa Anda praktikan untuk membuat iklan produk yang menarik dan kreatif. Anda disini dituntut memiliki kreativitas yang tinggi dalam mendesain produk yang Anda iklankan.

  1. Join jasa iklan online

Bila Anda tidak mau ribet, Anda bisa memanfaatkan jasa iklan online yang bisa Anda manfaatkan di internet. Beragam fitur iklan di internet bisa Anda gunakan dengan mudah. Namun, Anda tentunya harus membayar biaya untuk mengiklankan produk tersebut. Bila Anda berminat, Anda dapat memotret produk yang Anda jual kemudian iklankan secara berbayar kepada jasa iklan online. Nantinya produk yang Anda iklankan ini akan disebar dan ditayangkan oleh sistem secara otomatis.  Jadi, Anda cukup membayarnya saja dan tak perlu pusing mengiklankan produk Anda secara online. Jasa iklan online ini sangat cocok bagi Anda yang menjual produk dengan harga tinggi atau bisnis yang sudah besar.

  1. Manfaatkan paid promote di media sosial

Bagi Anda pengguna media sosial, mungkin Anda pernah melihat paid promote yang dilakukan oleh user media sosial. Paid promote merupakan suatu jasa yang menyediakan promosi produk secara online. Ini sebenarnya hampir sama dengan jasa iklan online sebelumnya. Namun, user media sosial yang melakukan paid promote ini tidak menyebarkan iklan secara otomatis melainkan melalui status atau feed media sosial mereka. Harga paid promote ini biasanya cukup miring namun jangkauan konsumennya tidak terlalu luas.

Bagi Anda yang menjual produk dengan harga menengah ke bawah, alangkah baiknya Anda memanfaatkan paid promote ini di media sosial. Hal ini karena harga iklannya cukup murah serta dipasarkan dengan jangkauan yang sesuai.

  1. Promosikan melalui public figure

Banyak reseller-reseller yang memanfaatkan berbagai public figure untuk mempromosikan produk mereka. Par influencer maupun artis-artis yang membuka jasa iklan ini bisa Anda manfaatkan untuk menjual produk Anda. Penjualan dengan cara seperti ini biasanya sangat laris bahkan laku keras bila public figure yang Anda gunakan memiliki followers yang banyak. Para followersnya yang sebagian besar penggemar dari bintang tersebut tentu akan tertarik untuk membeli produk yang dipromosikan oleh bintang tersebut.

Sayangnya, penggunaan jasa iklan ini sangat terbatas yakni tidak diiklankan dalam waktu yang lama. Para public figure ini biasanya mempromosikan dalam jangka waktu beberapa hari bahkan sehari saja pada media sosial milik mereka. Selain itu, biaya untuk mempromosikannya juga cenderung sangat mahal dan tentunya disesuaikan dengan produk serta tingkat popularitas dari bintang itu. Namun, Anda pasti akan cepat mendapatkan balik modal bila memanfaatkan jasa iklan melalui publik figure ini.

  1. Adakan promo besar-besaran yang mampu menarik konsumen

Bila Anda memiliki keterbatasan dalam penggunaan uang bisnis, Anda bisa melakukan promo secara mandiri melalui media sosial yang Anda miliki. Sebagai reseller, Anda juga berhak melakukan promosi seperti memberikan diskon kepada para konsumen. Lakukan promo yang menarik dan sesuai dengan budget usaha Anda. Bahkan, Anda bisa menarik followers dari promo yang Anda terapkan.

Sebagai contoh, untuk mendapatkan diskon atau promo, para konsumen harus memfollow media sosial Anda atau bisnis Anda, kemudian membuat unggahan disertai hashtag mengenai produk yang Anda jual, atau mungkin menyebarkan produk itu kepada teman-teman agar konsumen semakin besar mendapatkan peluang promo yang Anda lakukan. Hal-hal demikian tentu akan membuat banyak keuntungan kepada Anda. Popularitas bisnis Anda akan semakin dikenal banyak konsumen melalui promo yang Anda lakukan di media sosial itu.

Share