Skip to content

Menilik Ide Bisnis Kekinian yang Wajib Kamu Coba

Berbisnis saat ini sudah semakin digandrungi generasi milenial, terutama bagi mereka yang tergolong dalam usia produktif. Banyaknya bisnis yang bisa dijalankan tentu saja menjadi sebuah peluang tersendiri bagi anak muda untuk membuat usaha yang sangat menguntungkan. Nah, jika kamu ingin membuat usaha yang demikian dan sama-sama memberi banyak keuntungan besar, tidak ada salahnya jika ingin mencoba beberapa bisnis tertentu sesuai dengan tren yang sedang berkembang akhir-akhir ini serta sejumlah ide-ide bisnis kekinian.

Sayangnya, banyak anak muda yang belum memiliki ide khusus ingin menjalankan bisnis atau usaha seperti apa. Itulah mengapa dalam artikel ini akan kami sampaikan beberapa ide bisnis yang bisa kamu coba sehingga penghasilan bisa semakin bertambah. Selain contoh bisnis sederhana namun kekinian tersebut, ada beberapa hal lain yang berkaitan dengan pendirian usaha atau bisnis yang Anda dirikan. Berikut ulasan lengkapnya.

Siapkan Ini Sebelum Buat Bisnis Kekinian

Untuk dapat menjalankan bisnis kekinian dengan lebih lancar dan menguntungkan, tentu kamu musti benar-benar mempersiapkan segala hal secara detail. Selain agar dapat menghindarkan diri dari kegagalan, persiapan yang matang juga akan berdampak pada keuntungan yang bisa diperoleh dengan mudah. Lantas, persiapan apa sajakah yang dimaksud?

Pertama, tentu saja dari pengetahuan dasar mengenai ide bisnis itu sendiri. Sebagai orang yang baru ingin menjajal ide-ide bisnis tertentu, hendaknya harus mengetahui usaha apa yang ingin dijalankan beserta pengetahuan apakah saat ini usaha tersebut masih akan bisa bertahan atau tidak. Biasanya, anak-anak muda cenderung memikirkan usaha yang sekiranya masih menjadi tren, namun karena tren dapat berubah-ubah, disarankan juga agar kamu bisa memikirkan ide bisnis lain yang bisa bertahan lebih lama meskipun dalam jenis bisnis yang sama.

Selanjutnya, tentu saja dari segi modal. Memang berbisnis ini musti dilandasi dengan modal yang memadai. Namun sejatinya, bagi anak-anak muda seharusnya hal tersebut bukan menjadi alasan atau penghalang usaha yang akan mereka bangun. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan baik dengan meminjam dari rekan atau orang tuanya terlebih dahulu, hingga dengan modal nekat tanpa modal sepeser pun.

Selagi Masih Muda, Coba Bisnis Ini, Yuk!

Anak muda cenderung menginginkan bisnis yang mengikuti tren. Memang hal tersebut tidak sepenuhnya salah, namun kamu juga harus memikirkan keberlangsungannya dalam waktu yang lama ke depannya. Sebab, banyak anak-anak muda yang kemudian malah berhenti dari bisnisnya karena hal-hal yang dianggapnya tren kemudian malah meredup seiring berjalannya waktu. Ada beberapa contoh bidang usaha yang bisa kamu coba untuk bisa mencapai kesuksesan seperti yang kamu inginkan misalnya sebagai berikut.

  • Usaha kuliner

Bisnis di bidang kuliner seakan tidak pernah ada matinya, sebab memang makan dan minum adalah satu dari sekian banyak kebutuhan dasar manusia. Tren yang berkembang saat ini pada makanan memang sangat pesat. Kamu boleh kok mengikuti tren seperti itu, namun jika kamu malah bisa menciptakan suatu inovasi makanan yang berbeda dari yang lainnya tentu saja akan sangat menguntungkan dan membuatmu lebih mudah menjadi sukses. Memberikan sedikit kampanye seperti no single-use plastic campaign bisa membuat usahamu berbeda dari yang lainnya sehingga lebih dikenal publik.

  • Online shop

Peran internet dalam membuat suatu produk menjadi lebih dikenal memang sangat dirasakan oleh para pebisnis pemula. Tidak mengherankan jika kemudian banyak sekali usaha yang menggunakan akses online sebagai media jualan sekaligus promosi yang terjangkau. Ada beragam usaha yang bisa kamu lakukan secara online, misalnya jual baju, aksesoris, jilbab, dan sebagainya. Kamu bisa buat media sosial tersendiri untuk usaha kamu tersebut, lalu mengajak temanmu sebagai model atau bahkan endorse sehingga semakin banyak orang yang mengenal usahamu tersebut.

  • Jasa ketik dan privat skripsi

Buat kamu yang tinggal di sekitar kampus, jasa pengetikan maupun bimbingan privat penulisan skripsi bisa menjadi salah satu opsi atau pilihan berbisnis dengan modal kecil namun memberi keuntungan besar. Kamu bisa menjajal jasa pengetikan ke teman-teman maupun kakak tingkat yang memang sedang membutuhkan. Bahkan, ke adik-adik tingkat juga bisa menjadi sasaran bisnismu, lho. Asalkan tulisanmu rapi dan ide-ide penelitianmu termasuk baik, tentu saja akan sangat disenangi dan bisa menjadi prospek bisnis yang menjanjikan.

  • Desain grafis dan fotografi

Di zaman yang sudah semakin maju, jasa desain dan fotografi seakan tidak bisa terpisahkan. Buat kamu yang punya hobi mendesain atau jika kamu memiliki kamera namun belum terpakai secara maksimal, kamu bisa mendirikan usaha jasa mulai dari ranah freelance atau bahkan level profesional. Kamu bahkan juga bisa menyediakan penyewaan kamera bagi teman-teman kampus yang sering mengadakan event atau acara-acara tertentu. Dengan modal kreativitas dan keuletan, sudah dapat dipastikan bisnis seperti ini akan berkembang pesat dan kamu bisa dengan mudah memperoleh banyak keuntungan besar.

Gagal Di Usaha Barumu, Tenang Saja!

Setelah mengetahui beberapa ide usaha beserta syarat mendirikan bisnis atau usaha kecil-kecilan secara mandiri, tentu saja ada berbagai hal yang akan kamu lakukan ke depannya. Bahkan, banyak rintangan dan kegagalan yang bisa saja kamu hadapi sehingga membuatmu menjadi rugi. Bisa memang karena kamu kurang tekun dalam menjalankan usaha tersebut hingga mengalami penipuan baik oleh rekan usaha maupun konsumenmu sendiri.

Bagi para pengusaha atau pebisnis, kegagalan merupakan sesuatu yang biasa. Justru hal tersebut hendaknya menjadi pemacu agar ke depannya tidak dialami lagi. Oleh karenanya, melakukan berbagai evaluasi menjadi sangat penting apabila kamu sudah terjun ke dalam bisnis kecil-kecilanmu tersebut sehingga bisa dilihat apa sajakah kekuranganmu selama ini dan apa yang bisa dilakukan di kemudian hari untuk mengatasi kegagalan tersebut.

Selagi masih muda, menjajal usaha bisnis satu dan lainnya secara bergantian tidak menjadi masalah, lho. Misalnya saat ini kamu berbisnis kuliner, namun gagal lalu berpindah ke usaha fotografi, itu pun sudah menjadi hal yang biasa. Kamu bisa menuruti passion atau hobi, namun harus tetap menjalankan bisnis tersebut dengan matang melalui perencanaan dan evaluasi berkala. Nah, sudah merencanakan akan berbisnis apa?

Share